RSS

P.D

Loading...

Fish

Fakta unik tentang Ramadan

Ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Banyak momen-momen dan kegiatan-kegiatan penting di bulan suci ini. Rupanya tak hanya penting, tapi juga unik. Ya. banyak fakta-fakta unik di bulan Ramadhan yang kadang kalo di pikir-pikir itu bisa bikin kita heran tapi juga bikin nyengir. hehe. et.. tahan dulu nyengirnya.
1. Gak ada si pemarah
Kalo baca judulnya tu kayak cerpen anak-anak. hehe. Fakta gak adanya yang suka marah-marah itu memang kadang terlihat jelas dan kontras apa lagi buat orang yang sebelumnya sangat tempramen dan suka marah-marah yang gak jelas. Nah selama bulan puasa otomatis si pemarah itu mesti nahan amarahnya donk. Dan bagi kamu yang suka bikin orang marah atau kesel kamu berada di zona aman. hehe.
2. Meningkatnya jemaah yang shalat berjama'ah di mesjid
Mungkin di daerah kamu juga hampir sama. Saat bulan ramadhan biasanya jumlah jema'ah yang shalat di mesjid meningkat tajam. Beda halnya di bulan-bulan lain selain ramadhan. Inilah uniknya ramadhan. Ya tapi kita tetep mesti ber husnudzan. Memanfaatkan momen Ramadhan bulan seribu ampunan dengan meningkatkan kualitas ibadah itu hal yang baik dan dianjurkan.
Tapi kadang kita menyayangkan kenapa ini hanya di bulan Ramadhan aja. Apa lagi untuk waktu tertentu seperti waktu shubuh dan Isya. Mesjid yang biasanya sangat sepi jadi penuh. Bahkan bisa sampe meluber keluar mesjid.
3. Jumlah jema'ah shalat terawih cukup fluktuatif selama Ramadhan
Hal ini sering ane amati yaitu naik turun nya (fluktuatif) jumlah jema'ah shalat terawih. Hasil pengamatan ane di mesjid deket rumah ane sih ada momen-momen tertentu yang jumlah jema'ahnya meningkat dan ada momen tertentu jumlahnya menurun drastis.
Jumlah jema'ah shalat tarawih biasanya banyak saat:
- tiga hari pertama puasa
- sepuluh hari terakhir (malam lailatul qadar)
- satu hari terakhir
Selain hari-hari itu jumlahnya bisa menurun. Alasannya ane sih gak tau tapi yang jelas ini bukan masalah dan gak nambah dosa. Karna rasul pun pernah tidak datang ke mesjid untuk terawih. Hal ini disebabkan karena beliau khawatir kalau terawih itu dianggap wajib oleh umatnya. (Kadang ini juga suka ane jadiin alesan buat gak terawih sekali dua kali tiga kali. hehe. jangan ditiru. :D). Fakta ini kadang lucu juga apa lagi kalo dari beberapa orang bisa barengan izin gak terawihnya. hehe.
4. Program TV Terfavorit selama Ramadhan
Menurut kamu acara atau program tv yang favorit selama Ramadhan apa? Acara sahur? Kuis? Komedi menjelang berbuka? Kalo ane sih jawabnya: gak juga. Kenapa? Karena acara-acara tersebut relatif orang suka. Ada yang suka komedi tapi gak suka kuis. Ada yang suka acara kuis tapi gak suka komedi dan sebagainya. Terus apa kira-kira program tv terfavorit? Ane sih pilih : "Adzan Maghrib". hehe. Kenapa? Karena ane yakin ini momen yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang yang berpuasa. Padahal berbanding jauh dengan hari-hari selain bulan Ramadhan.
Di rumah saya aja kalo selain ramadhan saat TV udah nayangin adzan maghrib kalo gak di pindahin channelnya ya TV nya di matiin. Tapi saat ramadhan. Tuh adzan maghrib di tunggu-tunggu sampe-sampe tau channel mana yang adzannya paling cepet. hehe. Udah gitu di pantengin sampe bener-bener beres adzan dan do'a sambil menikmati hidangan buka puasa. Gak salah sih, tapi bener-bener kontras ama hari-hari selain Ramadhan. Kalo ada award program terfavorit selama ramadhan mungkin acara "Adzan Maghrib" bisa jadi juara. hehe.

0 komentar:

Poskan Komentar

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 R.K.ZONE All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes